April 10, 2011

WebFig pada Mikrotik



Overview
WebFig adalah tools/utility untuk meng-konfigurasi Mikrotik Router via Web browser. WebFig dapat diakses langsung dari router dan tidak memerlukan software atau aplikasi tambahan [kecuali browser].
Karena WebFig bersifat independent maka memungkinkan untuk mengkonfigurasi router langsung menggunakan beragam mobile device tanpa membutuhkan software yang spesific.
WebFig di desain sedemikian rupa sebagai alternatif pengganti WinBox, dengan kemampuan mengakses fitur router yang sama dengan menggunakan WinBox.


Remote Router
WebFig dapat dijalankan dari homepage router yang dapat diakses dengan memasukan IP Address router yang di maksud pada browser. Ketika homepage sudah tampil penuh, pilih ikon WebFig dari pilihan yang ada seperti pada screenshot dibawah ini.













Secara keseluruhan pemakaian WebFig tidak lah jauh berbeda dengan menggunakan WinBox dalam melakukan konfigurasi router. Bagi Anda yang biasa menggunakan WinBox tentu tidak akan kesulitan dalam mengaksesnya bahkan lebih mudah karena bisa diakses via Handphone dengan wifi adapter tanpa meng-install aplikasi apapun selain browser.

Compatibility
WebFig hanya tersedia pada Mikrotik RouterOS v5. Jadi bagi versi dibawahnya belum tersedia. Jadi untuk remote via mobile browser masih mengandalkan WebBox.

Tentu saja opsi untuk konfigurasi nya tidak selengkap WebFig yang sudah lengkap seperti WinBox.
Mohon maaf karena Saya belum ada kesempatan untuk ngoprek karena tidak tersedianya Mikrotik RouterOS v5 untuk saat ini :(

Peeking WebFig Layout
WebFig di desain untuk memanjakan para pengguna WinBox karena pada umumnya memiliki kesamaan pada layout nya. List menu ada pada sebelah kiri, undo/redo ada pada sisi atas dan sisanya adalah penjabaran dari tiap menu yang dipilih.













Problem Accessing WebFig
Pada WebFig v5.1 tidak bisa diakses via browser, saat mencoba dia stuck pada process loading. Menggunakan beragam browser tidak menyelesaikan masalah, kenapa?


Karean eh karena ada semacam bug pada javascript nya, penyelesaiannya?
Gampang downgrade system ke Mikrotik V5.0, caranya?


Upload ke mikrotik file package v5.0
Pada terminal beri command system package downgrade lalu reboot system.


Semoga berhasil,
Soe


No comments:

Post a Comment

Follow and I will Foll Back