March 28, 2011

Review Akses Telkomsel Flash Unlimited

Latar belakang,
Sejak awal tahun 2011 akses internet nirkabel via usb stick modem gsm menjadi trend. Akses internet mobile semakin di gandrungi oleh para pengakses internet, plus para provider jasa komunikasi baik GSM Global System for Mobile communication maupun CDMA Code Division Multiple Access pun berlomba-lomba menarik user dengan tawaran paket-paket yang menggiurkan. 

Pada saat itu belum terpikir untuk mencoba salah satu paket yang di tawarkan dikarenakan di rumah Gue masih memanfaatkan wifi yang tak sengaja terbobol hingga ke main router nya >.<

Gue betul-betul dimanjakan dengan bandwidth lokal [iix] 2Mbps dan internasional [ix] 1Mbps hingga pertengahan tahun ini tiba-tiba signal wifi nya menghilang :( sedangkan demand untuk nge-blog sedang tinggi... ya mau tidak mau cari alternatif lain untuk akses internet nya. Alhasil jatuh pilihan pada produk Telkomsel yaitu Telkomsel Flash Unlimited. Kenapa Gue milih Telkomsel? karena sejak tahun 2001 Gue pakai Simpati tidak pernah ada masalah dengan signal, hopefully kualitas BTS GSM Telkomsel lebih baik lagi akhir-akhir ini.

Pembelian produk,
Gue beli produk nya langsung ke grapari telkomsel di Bekasi Cyber Park seharga Rp. 60.000 [include pulsa  preload Rp. 55.000] dan langsung Gue isi pulsa Rp. 50.000 agar total pulsa Rp. 105.000 untuk masa aktif 30 hari. Gue beli produknya langsung ke grapari dengan pertimbangan harga sesuai dengan nominal nya, karena kalo di counter pulsa biasanya jauh diatas harga nominal, dan saat itu juga langsung di aktivasi dan langsung active. Oh ya, di grapari pelayanan terhadap pelanggan lumayan cepat dan ramah serta tempat nya yang cozy.

Dari paket yang Gue beli gue mendapat:
- masa aktif 30 hari
- quota / fair usage 500Mb
- Speed up to 384Kbps [turun menjadi up to 64Kbps saat quota/fair usage habis]

Kalau Gue kalkulasikan dalam sebulan Gue membayar Rp. 100.000 yang berarti biaya akses internet yang Gue keluarkan sebesar Rp. 139 per jam [100.000 / 30 hari dimana 30 hari ada 720 jam]

Pemakaian, Speed dan Koneksi
Gue pakai simcard Telkomsel nya di handphone samsung wave Gue, jadi bisa mobile dimana ajah. Kalo di rumah atau di mana saja HP Gue tinggal di colok ke Laptop Fujitsu Gue [nggak pake usb stick modem gsm].
Untuk settingan modem ada dua pilihan APN Access Point Name berikut speed yang didapat dari masing-masing APN yaitu:

1. Internet

Speed yang di dapat ke site lokal [iix]







Speed yang di dapat ke site luar [ix] Hongkong










2. telkomsel

Speed yang didapat ke site lokal [ix]







Untuk koneksi nya hingga kini belum ada masalah yang Gue temukan, berikut ini hasil test ping ke site lokal detik dan site luar yahoo.

Ping to detik.com
loss packet : 0%
Average ping time 246ms
Ping to yahoo
loss packet 0%
Average ping time 432ms
 





Kesimpulan
Overall Gue nyaman saja menggunakan produk ini, dengan harga Rp. 139/jam gue dapet akses internet yang cukuplah kalau digunakan untuk browsing dan nge-blog, apalagi bisa diakses secara mobile. Bandingkan dengan rata-rata paketan SOHO up to 512k sebesar Rp. 300 - 500 ribu rupiah belum biaya registrasi dan pembelian perangkat outdoor nya. 
Demikian kurang dan lebih nya ulasan dari Gue, mohon maaf jika penulisannya tidak terstrukturisasi dengan rapih dan sulit dimengerti. Anyway thanks for visit and reading My Blog.

Untuk re-view pemakaian setelah fair usage habis bisa dilihat di sini

No comments:

Post a Comment

Follow and I will Foll Back