February 03, 2010

Conficker

Conficker dengan alias Downup, Downadup dan Kido adalah computer worm yang menyerang operating system  dengan windows based.

Ya conficker inilah yang sejak akhir tahun 2009 lalu banyak berkeliaran di network yang gue supervise.
Pada awalnya gue nggak begitu curiga karena terlihat normal dengan menggunakan protocol tcp dan dst-port 445 yang biasa digunakan samba [smb] untuk file transfer antar komputer via jaringan. Tapi setelah diamati kok dari destination address nya IP luar dan random [broadcast] mulai curiga dan karena sudah mengganggu maka untuk sementara IP sumber nya gue drop dulu.















Gambar di atas adalah aktivitas si conficker di Network SMK Negeri 2 Cikarang Barat.
Dia [conficker-pen] broadcast ke server luar dengan dst-address random. Tujuannya kemungkinan adalah scanning port-port dari server-server tersebut untuk mencari celah yang bisa disusupi.

Variant dari virus ini adalah conficker A, B, C, D dan E nah variant E inilah yang paling powerfull dia memiliki defense dengan cara:

-Blocks DNS lookups
-Disables AutoUpdate
-Kills anti-malware
-Scans for and terminates processes with names of anti-malware, patch or diagnostic utilities at one-second intervals

Pencegahan Untuk mencegah virus ini di Mikrotik RouterOS Gue buat filter rules via console sbb:

ip firewall filter add chain=forward protocol=tcp dst-port=445 action=drop

Demikian ulasan Saya mengenai conficker ini mohon maaf jika kurang mendalam, maklum accidentally network admin :D

No comments:

Post a Comment

Follow and I will Foll Back