February 21, 2010

AP Mikrotik Hang

A few days a go, hampir setiap pagi gue terima laporan dari NMS Network Monitoring and managing System kalau salah satu AP dengan Radio Mikrotik down.
Setelah gue check secara direct connection pakai netbook kondisi Radio masih ON akan tetapi system tidak terdeteksi kemungkinan hang karena setelah di lakukan reboot system device kembali up dan running.
Hal ini sempat terulang beberapa kali, ternyata permasalahan disebabkan air yang menetes masuk melalui kabel stp dari atas [ether1] radio yang masuk ke PoE Power over Ethernet yang menyebabkan short yang membuat device jadi "bengong".


Tampak pada gambar disebelah kiri connector yang short dan tampak terbakar kehitaman pada pin kuningannya.
Penyebab masuk nya air masih belum diketahui, sementara kucuran air yang berasal dari dalam kabel di tutup menggunakan silicone.
Ada kemungkinan air berasal dari rembesan air hujan yang masuk kedalam kable, akan tetapi sumber kebocoran belum diketahui.
Dari pemeriksaan Radio mikrotik diatas tidak ada rembesan air yang masuk ke dalam box outdoor.


Air yang merembes masuk cukup banyak
cukup untuk memungkinkan terjadinya short circuit pada port data in di PoE.
Hal ini semoga jadi perhatian kepada para pengguna akses wi-fi terutama pada musim penghujan seperti saat ini selain ancaman induksi petir tentunya hehehehe....
Seperti yang terlihat pada gambar disebelah kanan air tak berhenti mengucur, ini salah satu kesulitan yang dihadapi... mencari letak kebocoran yang menyebabkan air masuk kedalam kabel.


Dan yang aneh nya lagi ternyata setelah connector RJ 45 dipotong berubah menjadi sesuatu yang mirip squidward ahahahaha just kiding dech.... ^_^

No comments:

Post a Comment

Follow and I will Foll Back